Saturday, May 23, 2009

Cerpen tentang ghosob

Bagi Anda yang ingin memahami sisi lain ghosob (bentuk lain pencurian di pesantren), silakan baca cerpen dari forum pena pesantren berikut...

2 comments:

  1. saya akan coba memaparkannya dg baik dan sopan , padahal saya ini sudah geregetan wktu baca bku anda yg judulnya SORBAN YANG TERLUKA .
    ehem ehem .
    terus terang saya setuju jika BUKU ITU DITARIK DARI PASAR . alasan utamanya adalah :
    jika ada orang yang benci islam dan sdg mencaricari kesalahan org islam , ketika nemu buku yg anda tulis yg memaparkan dg panjang lebarnya keburukan* seorang santri , maka dia seakan dapat pencerahan , dan menjadikan buku anda sbg dalil untuk menjatuhkan islam .
    padahal , belum tentu semua pesantren seperti yg anda byangkan . knp saya bsa ngmg seperti itu ? karna saya juga anak pesantren tapi d pesantren saya tidak ada keburukan* yg anda tduhkan !

    terus saya juga kecewa knp menuliskannya seolah* hendak memaksakan ssuatu : ini lho , pesantren thu ternyata kayak gini !
    pernahkah anda berpikir bahwa yg menjadikan pesantren itu jelek adalah ORANG-ORANG yang tinggal didalamnya , sdgkan pesantren itu sendiri dibangun atas nama niat baik . knp d buku anda menuliskan seolah* pesantren yg salah ?

    bhasa tulisan anda juga berkesan bahwa cuma anda yang benar , saya menangkapnya seperti itu . dg pandai anda 'tipu' dulu pembaca dg pndahuluan ttg gambaran santri* yg dalam bygan anda rajin , alim , dsb kemudian anda beberkan dg trlalu jelas betapa palsunya mereka semua , kecuali anda .

    saya harap anda memikirkan lebih jauh lagi dampak dari tanggapan masyarakat tentang novel itu , jangan hanya memikirkan diri sendiri .

    sekian , kalau ada kata yang salah mhon dimaafkan .

    ReplyDelete
  2. penulis terlalu lebay

    ReplyDelete

komentar Anda sangat membantu kami mengembangkan isi blog ini...terimakasih!